Pola Makan Pedoman Gizi Seimbang Pengganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Pola Makan Pedoman Gizi Seimbang Pengganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Kalau kita membicarakan tentang pola makan sehat, pastinya sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan slogan makanan 4 sehat 5 sempurna. Memang pedoman konsumsi sehat yang dikampanyekan oleh pemerintah kita adalah pola makan 4 sehat 5 sempurna. Akan tetapi itu dulu. Kini pola makan sehat yang dikampanyekan adalah Pedoman Gizi Seimbang alias PDG. Untuk menjaga kesehatan tubuh pastinya tidak lepas dari konsumsi makanan sumber zat gizi terbaik. Pola makan 4 sehat 5 sempurna kini dinilai sudah tidak mencukupi perkembangan juga pemenuhan gizi kesehatan. Sehingga munculah prinsip baru dalam pola makan sehat yakni pedoman gizi seimbang. Nah, lantas seperti apa pola makan dengan pedoman gizi seimbang ini ? PDG ini mengacu terhadap Nutritition Guide for Balanced Diet, yakni hasil kesepakatan konferensi pangan sedunia di tahun 1992 silam. Pada pedoman gizi seimbang, yang telah menjadi pengganti dari pola makan 4 sehat 5 sempurna, setoidaknya terdapat 4 hal penting yang jadi perhatian dan haruslah dapat dijalani dengan tujuan tak lain untuk mencukupi kebutuhan gizi kita. Apa saja 4 hal penting tersebut ? Berikut ini antara lainnya :

Pola Makan Pedoman Gizi Seimbang Pengganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

  1. Konsumsi makanan sumber zat gizi yang beragam. Pada beberapa makanan terdapat kandungan gizi yang tidak ada pada makana lainnya. Contohnya saja telur adalah sumber protein, sementara itu buah adalah sumber vitamin, serat dan mineral dengan protein yang sedikit. Sementara zat gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh ada beragam. Oleh sebab itu, dalam pola makan pedoman gizi seimbang perlu untuk memvariasikan menu makan sehat setiap harinya.

 

  1. Aktivitas fisik yang cukup dengan rajin bergerak dan juga olahraga secara rutin. Pedoman gizi seimbang tak cukup hanya dengan konsumsi makanan sehat dengan zat gizi yang beraneka ragam saja. Melainkan aktivitas fisik juga tak kalah pentingnya memberikan kontribusi besar untuk menjaga kesehatan. Olahraga dapat mengendalikan berat badan, menjauhkan dari resiko penyakit fisik tertentu, membangun otot juga tulang, sampai dengan mengelola stres.

 

  1. Memantau berat badan dan mempertahankan agar tetap ideal. Pantu secara berkala berat badan dan tinggi badan. Jangan sampai terjadi obesitas yang hanya memberikan dampak kurang baik pada kesehatan.

 

  1. Memiliki kebiasaan bersih. Kebiasaan hidup bersih pun memberikan peran penting untuk dapat menjaga kesehatan. Contoh kebiasaan bersih adalah mandi dua kali sehari, cuci tangan menggunakan sabun di berbagai waktu penting, selalu menjaga kebersihan rumah, dan lain sebagainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *